Kamis, 28 November 2013

Platform Alba


Pada tanggal 2-8 September, sebuah Kongres dilangsungkan di Alba, Italia, dipelopori oleh Asger Jorn dan Giuseppe Gallizio atas nama International Movement for an Imaginist Bauhaus, sebuah grup yang memiliki pandangan yang sama dengan program Lettrist International terkait urbanisme dan kemungkinan-kemungkinan penerapannya (lihat majalah Potlatch #26). Perwakilan dari grup-grup avant-garde yang berasal dari delapan negara (Aljazair, Belgia, Cekoslovakia, Denmar, Prancis, Inggris Raya, Italia, Belanda) bertemu untuk membicarakan pondasi dari penyatuan organisasi. Tugas-tugas ini berakhir dengan segala kesepakatan dan segala konsekuensinya.

Christian Dotremont[1] yang diperkenalkan sebagai sebagai anggota delegasi dari Belgia meskipun pada kenyataannya di beberapa waktu yang lampau ia juga merupakan kolaborator di La Nouvelle Nouvelle Revue Française[2], memutuskan untuk tidak menghadiri Kongres, yang mana kehadirannya akan menimbulkan ketidaksepakatan dari mayoritas partisipan.

Enrico Baj, perwakilan dari "Gerakan Seni Nuklir" telah diusir sejak hari pertama. Kongres kemudian mengumumkan pemutusan hubungan dengan para Nukliris dengan mengeluarkan pernyataan berikut: "bertentangan dengan sikapnya dalam beberapa urusan sebelumnya, Baj telah diusir dari Kongres. Dia tidak bisa berurusan apapun dengan pendanaan."

Pada saat yang bersamaan, kamerad kami yang berasal dari Cekoslovakia, Pravoslav Rada dan Kotik tidak bisa memasuki Italia. Terkait dengan protes-protes yang pernah kami lakukan, pemerintah Italia tidak memberikan mereka visa untuk dapat melewati tirai besi perbatasan hingga waktu Kongres Alba selesai.

Sementara itu pernyataan dari Wolman, delegasi dari Lettrist International, secara khusus menegaskan kebutuhan mendesak akan platform bersama yang secara spesifik menyebutkan tentang totalitas ekperimen-eksperimen terkini:
Kamerad sekalian, krisis paralel hari ini menjangkiti seluruh mode dari kreasi artistik yang dihasilkan secara umum, tendensi-tendensi interrelasi dan tidak bisa diselesaikan tanpa perspektif umum yang komprehensif. Proses dari negasi dan destruksi telah termanifestasi dengan sendirinya dan menjadi akselerator yang mempercepat penentangan terhadap kondisi-kondisi aktifitas artistik tua, tidak dapat dielak lagi: ini adalah konsekuensi dari kehadiran kemungkinan-kemungkinan superior dari tindakan di dalam dunia. ... Apapun prestise yang akan dihadiahkan para borjuis hari ini sebagai upaya untuk memecah atau sengaja memundurkan upaya-upaya artistik, kreasi hari ini bisa tidak lebih berarti daripada sintesis yang mengarah kepada konstruksi dari keseluruhan atmosfer dan gaya hidup. ... Urbanisme unitarian - sintesis yang kita dedikasikan untuk, menyatukan seni dan teknologi - harus diciptakan bersamaan dengan nilai-nilai hidup yang baru, nilai yang mana sekarang perlu kita bedakan dan sebar. ...
Kongres bersepakat untuk mengekspresikan sebuah kesepakatan substansial dalam bentuk enam poin resolusi, mendeklarasikan "kebutuhan untuk hadirnya konstruksi integral di lingkungan dengan menggunakan urbanisme unitarian yang memanfaatkan seluruh bentuk seni dan teknik-teknik modern", "renovasi seni yang tak terelakan dari semua yang ketinggalan zaman dalam batasan-batasan tradisionalnya masing-masing", "pengakuan tentang esensi interdependen antara urbanisme unitarian dan gaya hidup masa depan" yang mana harus dikondisikan "di dalam perspektif kebebasan sejati yang mutlak dan dominasi alam yang mutlak", dan pada akhirnya, "kesatuan aksi di antara para penandatangan mengenai program-program dasar ini" (ke enam poin ini akan digunakan untuk menghitung berbagai spesifik tentang dukungan mutual).

Sebagai tambahan dari resolusi final ini - ditanda tangani oleh J. Calonne, Constant, G. Gallizio, A. Jorn, Kotik, Rada, Piero Simondo, E. Sottsass Jr., Elena Verrone, Wolman - Kongres ini secara bulat juga menyatakan penentangannya terhadap segala relasi dengan para partisipan Festival de la Cité Radieuse, yang ditindaklanjuti melalui boikot yang diinisiasikan pada bulan sebelumnya.

Sebagai konklusi lanjutan dari Kongres, Gil J. Wolman ditambahkan sebagai dewan editor dari Eristica, buletin informasi dari International Movement for an Imaginist Bauhaus, dan Asger Jorn ditempatkan sebagai dewan direksi dalam Lettrist International.

Kongres Alba suatu hari nanti akan dilihat sebagai momen terpenting, salah satu tahapan tersulit dalam perjuangan untuk sensibilitas dan kultur baru, sebuah perjuangan yang merupakan bagian dari kebangkitan revolusi pada umumnya yang karakternya dimulai sejak 1956, tampak melalui kebangkitan massa di USSR, Polandia dan Hungaria (meskipun pada kasus terakhir kami melihat lahirnya kembali kebingungan yang membahayakan yang merupakan akar dari semboyan dunia lama dari klerik nasionalisme yang lahir dikarenakan kesalahan fatal dari larangan terhadap seluruh jenis oposisi Marxist), dan terkait dengan suksesnya revolusi di Aljazair, dan pemogokan umum di Spanyol. Perkembangan-perkembangan ini memberikan kami harapan untuk waktu dekat.

Lettrist International
November 1956

* * *

Catatan Penerjemah

Artikel ini pertama kali muncul dalam majalah Potlatch: Buletin Informasi dari Lettrist International #27 (Paris, 2 November 1956) dengan judul La plate-forme d’Alba. Terjemahan dari bahasa Prancis ke bahasa Inggris dikerjakan oleh Ken Knabb, 2006. Alih bahasa ke Indonesia dengan mengacu pada teks Knabb dikerjakan oleh Andre Barahamin (Agustus 2011).

1. Christian Dotremont, adalah seorang penyair Belgia yang juga merupakan partisipan di gerakan Surealis Revolutioner sekitar tahun 1940-an. Ia juga aktif di Cobra (1948-1951).

2. La Nouvelle Nouvelle Revue Française, merupakan nama baru untuk menandai kelahiran kembali majalah literatur yang didirikan pada tahun 1909 nama La Nouvelle Revue Française. Majalah ini diprakarsai oleh Andre Gide, Jaqcues Copeau dan Jean Schlumberger sebelum akhirnya sempat dilarang pada masa perang (1945-1953). Nama La Nouvelle Nouvelle Revue Française mulai digunakan sejak 1953 dan hingga kini tetap terbit setiap empat bulan sekali.

Lebih lanjut tentang cerita di balik pembentukan Situasionis Internasional dapat dilihat di sini...

0 komentar:

Posting Komentar