Jumat, 12 Desember 2014

Daftar Anggota Situasionis Internasional


Di bawah ini saya lampirkan daftar utuh dari setiap orang yang pernah tercatat sebagai anggota grup Situasionis Internasional, sejak awal berdirinya pada tahun 1957 hingga akhir pembubarannya di tahun 1972. Data ini dikumpulkan dari berbagai sumber dan diurutkan menurut abjad.

A
A. Albert, arsitek asal Belanda. Dipecat pada musim semi 1960.

Armando, juga berasal dari Belanda. Dipecat pada musim semi 1960.

Alain Chevalier asal Prancis. Dipecat pada bulan Oktober 1969.

Ansgar Elde yang dipecat pada Maret 1962 adalah seorang Skandinavia.

Berasal dari Belgia dan mengundurkan diri pada Maret 1961, Andre Frankin juga merupakan anggota Lettrist International.

Attila Kotanyi, berasal dari Hungaria tapi memiliki kewarganegaraan Belgia. Ia dipecat pada bulan Oktober 1963.

Asger Jorn yang mengundurkan diri pada April 1961 adalah campuran Prancis dan Denmark. Ia adalah salah seorang anggota pendiri SI pada pertemuan di Italia 1957. Di tahun 1955, Jorn mendirikan Movement for an International Imaginist Bauhaus. Setelah mundur dari SI, Jorn masih mempublikasikan beberapa tulisan di terbitan grup tersebut dengan nama samaran George Keller.

Anton Hartstein, berasal dari Rumania tapi memiliki kewarganegaraan Prancis. Ia dipecat pada bulan Juli 1966

Abdelhafid Khatib dari Aljazair. Ia mengundurkan diri pada tahun 1960.

Alexander Trocchi, asal Skotlandia. Ia dipaksa untuk mengundurkan diri dari SI pada bulan Oktober 1964. Trocchi kemudian bekerja sama dengan William Burroughs dan kemudian bersama-sama menggagas "Project Sigma" di tahun 1965.

B
Bruce Elwell dari Amerika. Dipecat pada Januari 1970

Bengt Ericson, berasal dari Skandinavia dan mengundurkan diri pada bulan November 1969.

C
Christopher Gray, berasal dari Inggris. Ia dipecat pada bulan Desember 1967. Sumbangan signifikan Gray adalah menerjemahakan dan mempublikasikan antologi SI berbahasa Inggris. Publikasi yang terbit pada tahun 1974 tersebut merupakan yang pertama dalam bahasa Inggris.

Charles Radcliff, asal Inggris. Mengundurkan diri dari SI pada bulan November 1967.

Claudio Pavan yang dipecat pada bulan Maret 1970, berasal dari Italia.

Constant Nieuwenhuis asal Belanda yang mengundurkan diri pada musim panas 1960 adalah salah satu anggota terkemuka grup COBRA. Constant juga adalah pelukis berbakat dan penulis handal.

Christian Sebastini, asal Prancis. Ia dipaksa untuk mengundurkan diri dari SI pada bulan Desember 1970. Sebastini adalah salah satu anggota grup Sisyphe yang berbasis di Nanterre (1966). Ia juga merupakan salah seorang pendiri The Encyclopedie de Nuisances (1984-1992).

D
Dieter Kunzelmann, asal Jerman. Salah satu anggota grup SPUR yang dipecat pada bulan Februari 1962.

Donald Nicholson-Smith, asal Inggris. Ia adalah penerjemah handal Prancis-Inggris dan berkontribusi besar atas tersedianya teks-teks SI dalam bahasa Inggris. Ia dipecat pada bulan Desember 1967.

E
Erwin Eisch yang dipecat pada bulan Februari 1962, adalah teman dekat dan partner kerja Gianfranco Sanguinetti pada dekade 1970-an. Eisch berasal dari Jerman.

Edith Frey yang mengundurkan diri pada bulan Januari 1967, berasal dari Prancis.

Eduardo Rothe, berasal dari Venezuela namun memiliki kewarganegaraan Italia. Rothe dipecat dari SI pada bulan April 1970.

Elena Verrone, dari Italia. Salah seorang anggota pendiri SI dalam pertemuan di Italia 1957, namun dipecat bersama dengan suaminya Piero Simondo, pada bulan Januari 1958.

F
Francois de Beaulieu, berkebangsaan Prancis. Ia mengundurkan diri pada bulan Juli tahun 1970.

G
Guy Ernesto Debord, yang berasal dari Prancis. Ia adalah satu dari dua anggota yang bertahan di SI hingga pembubarannya di tahun 1972. Debord juga adalah salah satu anggota pendiri SI pada pertemuan di Italia tahun 1957 dan merupakan salah satu figur terkemuka di kelompok ini.

Giors Melanotte, asal Italia. Ia mengundurkan diri pada musim panas tahun 1960. Melanotte adalah anak dari pelukis Guiseppe Pinot-Gallizio.

Glauco Wuerich, asal Italia. Dipecat pada musim panas 1960.

Giuseppe Pinot-Gallizio, asal Italia. Pelukis, peramu obat-obatan dan juga salah seorang anggota pendiri SI yang dipecat pada bulan Juli 1960.

Gianfranco Sanguinetti, asal Italia. Bersama Guy Debord, secara resmi membubarkan SI pada tahun 1972. Ia juga merupakan salah seorang penulis produktif dan berpengaruh setelah bubarnya SI.

Gretel Stadler, asal Jerman. Ia dipecat bersama anggota grup SPUR yang lain di bulan Februari 1962.

H
Heinz Hofl asal Jerman. Mengundurkan diri pada tahun 1960.

Herbert Holl, asal Prancis. Salah satu mahasiswa Strasbourg yang terlibat dalam skandal publikasi pamflet berjudul Kemiskinan Hidup Mahasiswa.

Hans-Peter Zimmer asal Jerman. Ia juga adalah salah satu anggota grup SPUR yang dipecat pada bulan Februari 1962.

Har Oudejans, asal Belanda. Seorang arsitek yang dipecat dari SI pada musim semi 1960.

Hardy Strid, Skandinavia berkebangsaan Swedia yang dipecat pada bulan Maret 1962.

Hans Platschek, asal Jerman, adalah salah seorang penulis manifesto SI Cabang Jerman. Ia dipecat pada bulan Februari 1959.

Heimrad Prem, asal Jerman. Salah satu anggota grup SPUR yang dipecat pada bulan Februari 1962.

Helmut Sturm, anggota grup SPUR yang juga berasal dari Jerman. Dipecat bersama anggota SPUR yang lain dari SI pada bulan Februari 1962.

I
Ivan Chtcheglov, salah satu anggota kunci Lettrist Internasional yang berasal dari Prancis.

J
Jean Garnault, berasal dari Prancis. Ia juga dipecat pada bulan Januari 1967. Garnault adalah salah satu mahasiswa Strasbourg yang terlibat dalam skandal publikasi pamflet berjudul Kemiskinan Hidup Mahasiswa. Saat ia dipecat, SI menyebut Garnault dan grupnya sebagai Garnautins.

Jon Horelick berkebangsaan Amerika Serikat. Ia mengundurkan diri dari SI pada bulan Desember 1970.

Jacqueline de Jong dari Belanda, dipecat pada Maret 1962. Ia mendirikan The Situationist Times setelah dipecat.

Jeppesen Victor Martin, Skandinavia asal Denmark. Ikut terlibat dalam pembubaran SI di tahun 1972.

Jorgen Nash, adik kandung Asger Jorn. Seorang Skandinavia berpaspor Denmark yang dipecat pada bulan Maret 1962.

Jacques Ovadia, jurnalis asal Israel yang mengundurkan diri pada tahn 1961.

Jan Strijbosch, blasteran Belgia dan Belanda yang dipecat pada bulan Juli 1966.

K
Katja Lindell, perempuan Skandinavia asal Swedia. Ia dipecat pada bulan Maret 1962.

L
Lothar Fischer asal Jerman. Salah satu anggota grup SPUR yang dipecat pada Februari 1962.

M
Michele Bernstein, asal Prancis. Tercatat sebagai anggota SI hingga tahun 1967. Ia merupakan salah seorang anggota pendiri SI pada pertemuan di Italia tahun 1957. Suami pertamanya adalah Guy Debord, sebelum akhirnya bercerai dan menikah dengan Ralph Rumney

Mohamed Dahou asal Aljazair. Ia mengundurkan diri pada tahun 1959.

Mustapha Khayati, asli dari Tunisia namun memiliki paspor Prancis. Ia adalah penulis pamflet penuh skandal yang berjudul Kemiskinan Hidup Mahasiswa. Ia mengundurkan diri pada bulan September 1969. Khayati juga sempat menjadi anggota Palestine Liberation Organization (PLO).

Maurice Wyckaert, asal Belgia. Dipecat pada bulan April 1961.

N
Ndjangani Lungela, asal Kongo berpaspor Prancis. Ia mengundurkan diri pada tahun 1967. Dalam suratnya bertanggal 25 November 1965 kepada Raoul Vaneigem, Guy Debord menyinggung soal keanggotaan Lungela.

P
Patrick Cheval, asal Prancis. Mengundurkan diri dari SI pada Januari 1970. Cheval adalah salah satu dari kelompok yang dikenal dengan nama "Nanterre Enrages".

Peter Laugesen, orang Skandinavia berpaspor Denmark. Dipecat pada bulan November 1963.

Paolo Salvadori, asal Italia. Dipecat pada bulan September 1970.

Piero Simondo, asal Italia. Juga merupakan salah satu anggota pendiri SI dalam pertemuan di Italia, 1957. Simondo dipecat pada bulan Januari 1958 karena dianggap memproduksi tulisan yang mengadvokasi pemikiran sayap kanan. Ia menikah dengan sesama anggota SI bernama Elena Verrone.

R
Robert Chasse, asal Amerika. Ia dipecat pada bulan Januari 1970.

Renee Nele, yang berasal dari Jerman, adalah salah satu anggota grup SPUR yang dipecat pada bulan Februari 1962.

R. Dahlmann Olsen asal Denmark. Keanggotaannya dalam SI diketahui ketika Guy Debord menyinggung soal hal tersebut dalam suratnya kepada Patrick Straram pada 26 Juli 1960. Tidak disebutkan kapan ia mundur atau dipecat.

Rudi Renson, asal Belgia. Mengundurkan diri pada tahun 1966.

Rene Riesel, asal Prancis. Ia dipecat pada bulan September 1971. Riesel adalah salah satu anggota grup Sisyphe yang berbasis di Nanterre (1966). Grup ini kembali hadir di akhir dekade 1990-an dengan mengusung kritik keras terhadap dunia agrobisnis dan modifikasi genetik terhadap organisme.

Ralph Rumney, campuran Italia dan Inggris. Ia dipecat dari SI pada bulan Maret 1958. Ia merupakan salah satu anggota pendiri SI pada pertemuan di Italia 1957, sebagai wakil Inggris. Rumney sempat menikah dengan Michele Bernstein.

Raoul Vaneigem, asal Belgia. Mengundurkan diri pada bulan November 1970.

Rene Vienet, asal Prancis. Sutradara dan penerjemah handal asal Prancis yang mengundurkan diri dari SI pada bulan Februari 1971.

S
Steffan Larsson, seorang Skandinavia berkerwarganegaraan Swedia. Ia dipecat pada bulan Maret 1962.

T
Timothy Clark yang berasal dari Inggris, dipecat pada bulan Desember 1967. Clark adalah pakar sejarah seni. Ia mendapatkan gelar profesor dalam bidang tersebut.

Theo Frey dari Prancis yang dipecat pada Janari 1967 adalah salah satu mahasiswa Strasbourg yang terlibat dalam skandal publikasi pamflet Kemiskinan Hidup Mahasiswa.

Tony Verlaan, campuran Belanda-Amerika Serikat. Ia mengundurkan diri pada bulan Desember 1970.

U
Uwe Lausen, asal Jerman. Dipecat pada bulan Maret 1965.

W
Walter Korun adalah nama pena Piet De Groof, asal Belgia. Dipecat pada musim gugur 1958. De Groof juga tercatat sebagai anggota Angkatan Udara Belgia.

Walter Olmo, musisi asal Italia. Ia dipecat pada bulan Januari 1958. Olmo adalah salah seorang anggota pendiri SI dalam pertemuan di Italia 1957.

* * *

Untuk mengetahui sejarah Situasionis Internasional, silahkan baca Sejarah Singkat Situasionis Internasional.

0 komentar:

Poskan Komentar